Jenis-jenis dan Kecanggihan Cara Kerja Mobil Listrik

Mobil Listrik

Perkembangan teknologi selalu menciptakan inovasi baru dengan fitur-fitur yang canggih, hal tersebut dikembangkan dalam dunia otomotif. Terbukti dengan hadirnya deretan mobil mewah dan megah yang selalu menjadi idaman semua orang, ditambah lagi dengan menghadirkan mobil listrik yang canggih dan ramah lingkungan.

Mobil listrik menggunakan bahan bakar yang lebih efisien tanpa mengurangi fungsi kendaraan sebagai sarana mobilitas seseorang.

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara kerja mobil listrik? Apa saja jenis mobil listrik yang ada di Indonesia? Untuk mengenal lebih jelas cara kerja mobil listrik dan jenisnya, simak penjelasannya di bawah ini:

Bagaimana Cara Kerja Mobil Listrik?

Sebelum mengenal cara kerja mobil listrik, alangkah baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu mobil listrik. Mobil listrik adalah kendaraan roda empat yang digerakkan menggunakan listrik dengan baterai yang dapat diisi ulang. Perkembangan sistem penyimpanan energi mobil listrik membuat penggunan kendaraan tersebut menjadi populer kembali.
Cara kerja mobil listrik secara umum (BEV):
– Tekan pedal yang ada pada mobil
– Lalu, controller akan mengatur daya listrik dari baetari traksi dan inverter
– Dengan begitu, pengaturan dari controller inverter akan mengirimkan sejumlah energi listrik ke motor yang disesuaikan dengan kedalaman tekanan pada pedal tersebut
– Motor traksi listrik akan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau rotasi
– Selanjutnya, rotasi dari rotor pada motor akan memutar transmisi yang akan membuat roda berputar dan mobil bisa digunakan.
Mobil listrik merupakan inovasi dan kecanggihan teknologi yang sedang berkembang saat ini untuk mengurangi polusi udara. Harga yang ditawarkan oleh mobil listrik initidak begitu mahal, jadi Anda bisa memiliki mobil ramah lingkungan ini untuk menambah koleksi mobil Anda di rumah.

Lalu, Apa Saja Jenis-jenis Mobil Listrik di Indonesia?

4 Jenis Mobil listrik

1. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Mobil listrik jenis HEV atau sering disebut paralel hybrid ini memiliki dus sistem penggerak, yaitu mesin pembakaran atau ICE dan motor traksi. ICE akan mendapatkan energi dari BBM, sedangkan motor traksi mendapatkan energi dari baterai yang secara bersamaan memutar transmisi dan menggerakkan roda.

2. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

PHEV memiliki dua metode dalam pengoprasian, mobil jenis ini juga dapat diisi ulang dari sumber listrik eksternal dengan cara menghubungkan sumber listrik ke inlet. Metode yang biasa digunakan yaitu, All-electric metode dan hybrid metode. Kedua metode tersebut memiliki perbedaan yang yaitu, jika pada All-electric metode hanya menggunakan baterai sebagai energi penggerak mobil, sedangkan Hybrid metode menggunakan listrik dan bensin secara bersamaan.

3. Battery Electric Vehicle (BEV)

Mobil jenis ini tidak memiliki mesin pembakar (ICE) karena sepenuh beroperasi menggunakan listrik yang ada pada baterai. Pengisian baterai dilakukan dengan cara menghubungkannya ke jaringan listrik eksternal.

4. Fuel Cell Electric Vehicle ( FCEV)

FCEV atau dikenal sebagai kendaraan Zero Emission, menggunakan teknologi fuel-cell untuk dapat menghasilkan listrik. Cara kerja mobil listrik ini hampir sama dengan cara kerja mobil listrik jenis BEV. Hanya saja, cara kerja mobil listrik jenis FCEV memiliki sistem yang mengkoversi energi kimia yang ada pada sel bahan bakar berubah menjadi energi listrik.

Nah, terjawab sudah cara kerja mobil listrik dan jenis-jenis mobil listrik yang ada di Indonesia. Apakah Anda tertarik untuk diundang?

Oya, Anda biasanya Pilih Mobil Baru atau Mobil Bekas

Leave a comment